Minggu, 23 Desember 2012

Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Bulan

Kali ini saya akan memberikan info tentang gerhana matahari dan bulan. Menurut para ahli astronomi, Gerhana merupakan proses tertutupnya matahari atau bulan secara tiba-tiba. Gerhana dibedakan menjadi dua, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.

Gerhana bulan terjadi karena sinar matahari yang menuju bulan terhalang bumi. Karena sinar matahari mengarah ke bumi, di belakang bumi terbentuklah bayangan, yaitu bayangan gelap total (umbra) dan bayangan redup (penumbra). Gerhana bulan total terjadi jika bulan berada pada daerah umbra. Jika bulan berada di daerah penumbra, gerhana yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian atau gerhana parisal. Gerhana bulan terjadi pada waktu malam hari. Proses terjadinya gerhana bulan dapat dilihat pada gambar berikut. Jika kita lihat gambar di bawah, gerhana bulan terjadi jika posisi Matahari - Bumi - Bulan berada dalam satu garis.


Selanjutnya, Gerhana matahari terjadi jika bulan melintas di antara Bumi dan Matahari. Bumi yang berada di daerah umbra akan mengalami gerhana matahari total, sedangkan bumi yang berada di daerah penumbra akan mengalami gerhana matahari sebagian (parsial). Gerhana matahari terjadi pada waktu siang hari. Proses terjadinya gerhana matahari dapat dilihat pada gambar berikut. Kita lihat bahwa posisi Matahari - Bulan - Bumi berada pada satu garis lurus.
Pemandangan bola hitam nampaknya akan menyapa sejenak langit biru. Bola hitam tersebut tak lain ialah gerhana Matahari total yang diperkirakan terjadi selepas Matahari, Rabu (14/11). Di Indonesia, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada tanggal 14 November 2012, juga akan bisa menikmati gerhana ini.
Gerhana Matahari Total (GMT) dapat diamati dari Samudra Pasifik dan Australia bagian Utara. Gerhana ini juga dapat dilihat dari Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara bagian Timur berupa Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada saat Matahari terbit.
Waktu fase-fase Gerhana matahari sebagian di beberapa kota di Indonesia: di Jayapura puncak gerhana terjadi pada pukul 05:28:06 WIT dan selesai pada pukul 06:21:33 WIT; Sorong gerhana selesai pukul 06:20:28,7 WIT; Ternate gerhana selesai pada pukul 06:19:50,8 WIT; Ambon gerhana selesai pada pukul 06:23:44,6 WIT; dan Kupang selesai pada pukul 05:29:34,4 WITA. Namun, penampakan paling jelas terjadi di Australia.
Bulan bergerak diantara Bumi dan Matahari, di mana bayangannya akan tampak sejauh 160 kilometer. Mulai dari proses awal pembentukan hingga terbentuk gerhana total, akan memakan waktu tiga jam. Akan terlihat hampir di seluruh selatan Samudra Pasifik.
"Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan saat Matahari benar-benar tertutup oleh Bulan secara total yakni kurang lebih 100 kilometer dari pesisir timur laut Australia melewati The Great Barrier Reef dan Coral Sea" kata Jay Pasachoff, seorang astronom dari Williams College di Massachusetts, Amerika Serikat.

Gerhana Matahari Total akan terlihat di Garig Ganak Barlu National Park di wilayah Australia Utara pada hari Rabu, sekitar pukul 06:35 pagi waktu setempat. Kemudian di Cairns, yang merupakan satu-satunya kota yang dapat menikmati fenomena langka ini secara total. Di sana para astronom dapat menikmati gerhana matahari total selama dua menit.
Gerhana selanjutnya akan melintasi Samudra Pasifik hingga titik akhir sekitar sejauh 800 kilometer yakni berada di garis pantai barat Cile. Durasi terlama akan berlangsung selama empat menit dua detik. Sementara gerhana Matahari sebagian dapat juga dinikmati di Pasifik Selatan Basin, termasuk Selandia Baru, Amerika Selatan, dan Antartika.
Banyak hal yang dapat dipelajari dari fenomena terjadinya gerhana matahari total. Terutama mengenai pemantauan terhadap penampakan korona, yang mana hanya dapat terlihat saat terjadinya gerhana Matahari total saja.
"Kita dapat mempelajari gerakan dan dinamika dari korona matahari, variasi suhu, efek medan magnet matahari pada korona, dan aspek-aspek lain yang dapat kita pantau secara langsung dari Bumi bukan dari ruang angkasa yakni hanya saat gerhana Matahari terjadi," kata Pasachoff.

Itulah tadi sedikit info tentang proses terjadinya gerhana matahari dan bulan,,semoga bermanfaat buat semuanya..jangan lupa terimakasihnya.
Thanks atas partisipasinya
jangan lupa follow : http://sridevi10.blogspot.com// 
Sumber : http://sridevi10.blogspot.com//

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

zelo.cz - estimated value

video-entry

tidak

featured-content

Total Tayangan Halaman

featured-content

featured-content

featured-content

featured-content

Diberdayakan oleh Blogger.